PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk

PENDIRIAN PERSEROAN

PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk atau dikenal dengan PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) didirikan pada tanggal 2 Maret 1981 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 1980. PT Tambang Bukit Asam (Persero) Tbk sebetulnya memiliki sejarah yang sangat panjang di industri batubara nasional. Operasional perusahaan ini ditandai dengan beroperasinya tambang Air Laya di Tanjung Enim tahun 1919 oleh pemerintah kolonial Belanda. Kala itu, penambangan masih menggunakan metode penambangan terbuka.

Kantor pusat perseroan berlokasi di Jl. Parigi No.1 Tanjung Enim 31716, Muara Enim, Sumatera Selatan, Indonesia. Telp. +62-734-451096, 452352. Fax. +62-734-451095, 452993. Email: corsec@bukitasam.co.id dengan alamat website: www.ptba.co.id

PEMEGANG SAHAM PERSEROAN

Pemegang saham perseroan adalah Pemerintah Indonesia (65,02%) dan publik (34,98%). Saham Pemerintah Indonesia per November 2017 dialihkan ke PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum selaku induk perusahaan tambang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Meski sudah berubah statusnya akibat pengalihan tersebut, negara tetap memiliki kontrol dalam hal yang sifatnya strategis.

BIDANG USAHA

Perseroan bergerak di bidang usaha pertambangan batubara, investasi, jasa penambangan, PLTU, dan pengusahaan briket batubara. Kegiatan usaha yang dilakukan antara lain:
a. Pertambangan yang meliputi penyelidikan umum, eksplorasi, eksploitasi, pengolahan, pemurnian, pengangkutan dan perdagangan bahan-bahan galian terutama batu bara.
b. Pengolahan lebih lanjut atas hasil produksi bahan-bahan galian terutama batu bara.
c. Memperdagangkan hasil produksi sehubungan dengan usaha di atas, baik hasil sendiri maupun hasil produksi pihak lain, baik di dalam maupun luar negeri.
d. Mengusahakan dan mengoperasikan pelabuhan dan dermaga khusus batu bara, baik untuk keperluan sendiri maupun keperluan pihak lain.
e. Mengusahakan dan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga uap, baik untuk keperluan sendiri maupun untuk keperluan pihak lain.
f. Memberikan jasa-jasa konsultasi dan rekayasa dalam bidang yang terkait dengan pertambangan batu bara beserta hasil-hasil olahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *