Maju Bersama Negeri

Definisi BUMN

Berdasarkan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara adalah sebagai berikut:

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan.

 

Jenis BUMN

Dalam Undang-undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara disebutkan bahwa terdapat beberapa jenis BUMN yang ada di  Indonesia, antara lain:

1). Perusahaan Perseroan (Persero)

Persero adalah BUMN yang berbentuk perseroan terbatas yang modalnya terbagi dalam saham yang seluruh atau paling sedikit 51% (lima puluh satu persen) sahamnya dimiliki oleh Negara Republik Indonesia yang tujuan utamanya mengejar keuntungan.

Contoh: PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT. Pertamina (Persero), PT. Kereta Api Indonesia (Persero)

Diantara perusahan perseroan, terdapat pula Perusahaan Perseroan Terbuka (Persero Terbuka). Persero Terbuka adalah Persero yang modal dan jumlah pemegang sahamnya memenuhi kriteria tertentu atau Persero yang melakukan penawaran umum sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

Contoh: PT. Bank Mandiri (Persero), tbk, PT. Bukit Asam (Persero), tbk, PT. Kimia Farma (Persero), tbk

2). Perusahaan Umum (Perum)

Perum adalah BUMN yang seluruh modalnya dimiliki negara dan tidak terbagi atas saham, yang bertujuan untuk kemanfaatn umum berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan sekaligus mengejar keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan perusahaan.

Contoh: Perum Bulog, Perum Damri, Perum Peruri

Maksud dan Tujuan BUMN

Maksud dan tujuan pendirian BUMN adalah:

a. memberikan sumbangan bagi perkembangan perekonomian nasional pada umumnya dan penerimaan negara pada khususnya;

b. mengejar keuntungan;

c. menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan memadai bagi pemenuhan hajat hidup orang banyak;

d. menjadi perintis kegiatan-kegiatan usaha yang belum dapat dilaksanakan oleh sektor swasta dan koperasi;

e. turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi, dan masyarakat

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan penggerak ekonomi bangsa. BUMN ikut berperan menghasilkan barang dan/atau jasa yang diperlukan dalam rangka mewujudkan sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat. Peran BUMN dirasakan semakin penting sebagai pelopor dan/atau perintis sektor-sektor usaha yang belum diminati usaha swasta.

Dengan maksud dan tujuan yang sangat strategis tersebut membuat BUMN menjadi pilar perekonomian bangsa yang dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional dan membantu penerimaan negara. Oleh karena itu, apabila BUMN maju, maka negara juga akan maju. BUMN yang semakin maju dan terdepan akan memajukan negeri yang kaya ini. Oleh karena itu, investasi di perusahaan-perusahaan BUMN selain untuk mengejar keuntungan tapi juga berkontribusi meningkatkan perekonomian dan pelayananan kepada masyarakat. BUMN, Maju Bersama Negeri!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *